#SeptemberReview: American Sniper

10:28 PM


#SeptemberReview: American Sniper
Kali ini gue akan membahas sebuah film yang masuk beberapa nominasi di Oscar 2015 kemarin, American Sniper.

Secara keseluruhan film ini adalah film yang cukup bagus. Film ini adalah film kedua yang gue tonton tentang tentara AS di medan perang. Yes, the first one is Hurt Locker.

Di review kali ini gue akan membahas film American Sniper dalam segi cerita. Gak secara keseluruhan, tapi minimal bisa memberi bayangan bagi kalian yang ingin nonton film ini. Pemeran utama di film ini adalah Bradley Cooper yang juga terlibat menjadi Produser serta didukung oleh pemeran wanitanya yaitu Marnette Patterson. Film ini juga disutradarai dan diproduseri oleh Clint Eastwood.

Cerita film ini diadaptasi dari kisah nyata Chris Kyle yaitu anggota Navy SEAL yang ahli dalam menembak menggunakan sniper. For your information, Chris Kyle adalah penembak jitu terbaik yang dimiliki AS dalam waktu yang cukup lama. Sosok Chris Kyle diperankan oleh Bradley Cooper, yang jujur gue gak bisa ngebandingin dengan Chris Kyle yang asli dengan peran Bradley Cooper karena bahkan gue baru tau Chris Kyle setelah nonton film ini hehehe.  

Chris Kyle adalah anak pertama dari dua bersaudara, dengan adiknya yang bernama Wayne Kyle. Chris Kyle dididik oleh ayahnya yang sangat keras, dia juga sempat dilatih menembak rusa menggunakan sniper. Chris sebenarnya ingin menjadi seorang rodeo, namun panggilan jiwanya membawa dia menjadi anggota Navy SEAL.

Setelah dia menjadi anggota Navy SEAL, Chris bertemu dengan Sarah. Tak butuh waktu lama, Chris dan Sarah pun menikah. Sesaat setelah menikah, Chris harus terbang ke Irak untuk menjadi penembak jitu. Di sana dia kemudian membunuh untuk pertama kalinya. Hati Chris pun bergejolak, karena dia tidak biasa membunuh. Namun ia tetap melakukannya karena itu adalah tugas dari penembak jitu agar menjaga keamaan tentara lainnya.

 SIngkat cerita, Chris mengalami trauma yang sangat membekas di pikirannya. Istrinya memaksa untuk berhenti menjadi tentara dan lebih memikirkan keluarganya. Mau tau endingnya? Nonton aja hehe.

Menurut gue, karakter Chris di film ini sangat dibuat sedemikian mirip dengan aslinya. Still, i don't know how close the looks between Bradley Cooper and Chris Kyle. Tapi di film ini Bradley Cooper tampil dengan gaya yang berbeda dengan film dia sebelumnya. Sebagai karakter utama, Chris Kyle membuat kita jatuh dalam berbagai emosi. Namun kejelian Chris, serta fokus yang dimilikinya akan terpampang sangat jelas di setiap scenenya.  Selain Chris, menurut gue karakter yang kuat cuma Sarah. Sisanya sama.

Alur dalam film ini dibuat cepat namun tidak berlebihan, pas lah intinya. hhe. Tapi untuk ukuran film komersil yang membuat kita tetap fokus, film ini sangat rentan akan misfokus. Banyak suasana hening.

Rating dari gue: 7/10


Maaf reviewnya berantakan, namanya juga pertama. :))

You Might Also Like

0 comments