Suapan Pertama Bahasa Mandarin.

11:44 PM


+ ni hao!
- ni hao.


+ ni hao ma?
- wo hen hao.

percakapan di atas adalah sajian pertama di hari pertama gue kuliah.
Bahasa Mandarin...


Sulit untuk menjelaskan gimana rasanya belajar dan berbicara bahasa mandarin. Pasti yang ada di bayangan kalian yaitu seperti berbicara dengan penjaga toko bangunan yang nawarin paku se kilo dengan harga terjangkau, trus gue tawar dengan harga ayam goreng alias ga nyambung. 
Dari sekian banyak mata kuliah yang ada, jujur gue paling penasaran sama mata kuliah yang satu ini. Seumur-umur gue cuma tau kalo bahasa mandarin itu dipake buat penjaga toko bangunan dan metro xinwen. Jadi gue ga tau lebih mendalam tentang bahasa cina/mandarin itu. Selama dua semester ke depan, bahasa mandarin akan selalu menemani tiap minggunya di kelas. Untungnya dosen gue bukan keturunan dari cina, jadi masih sering menggunakan bahasa indonesia dalam sistem pengajarannya. Kalo aja dosen gue keturunan cina, beneran pake infus deh ke kampus. Dosennya juga enak abis, bisa membuat suasana kelas mencair/melting/luluh/terenyuh halah lebay deh gue. Bahasa Mandarin bukan halangan, melainkan pengetahuan. So I must keep my spirit up all day.  
Sedikit tentang Bahasa Mandarin yang baru gue dapet di hari pertama.


我爱你 -> Hanzi
wo ai ni -> pinyin


wo = saya
women = kami
ni = kamu
nimen = kalian
ta (tha) = dia
tamen = mereka
mama = mama
baba = papa
ye = juga
lai = datang
hen = kata tambahan (diletakkan sebelum kata sifat)
hao = baik
ma = kata tanya (diletakkan di akhir kalimat)
yifu = baju
xie xie = terima kasih
bu (pu) xie = jawaban dari xie xie
jintian (cinthien) = hari ini
mingtian = besok


Note : gue harus hapal itu semua hari senin nanti.

You Might Also Like

0 comments