We're The Media Elite

11:25 AM

Dulu gue pernah ngepost tentang pertama kali gue masuk Magazinc di sini. Tersemat mimpi gue ketika itu yaitu jadi PimRed Magazinc. Gue baru masuk dan mimpi gue langsung setinggi itu, that escalated so quickly. 

Then by the end, I got that dream and now I have a big responsibility. 

Ini langkah awal gue untuk terbiasa hidup di dunia media yang lebih serius. Hell yeah! Someday gue akan bangga menyebut Magazinc seperti kata Will Mc Avoy di Newsroom

'We're the media elite'

Memang, jadi media itu harus bisa cover both sides dan objektif. Tapi faktanya semua media memiliki kepentingannya masing-masing. I know someday that'll come to us. Berusaha menjadi media yang netral adalah keharusan.


Sekarang gue pengen cerita satu serial yang sering gue tonton belakangan ini dan ada hubungannya dengan media. 

 The Newsroom

The Newsroom ini adalah serial yang bercerita tentang bagaimana kehidupan di belakang layar sebuah media televisi. Tokoh utamanya adalah Will Mc Avoy sebagai Anchor & Managing Editor dan Mackenzie sebagai Executive Producer. Gue bisa bilang ini adalah serialnya anak broadcast. Kenapa? Karena di sini banyak penggambaran sistem dan struktur dari sebuah media televisi. Kita bisa tau bagaimana sebuah media televisi berjalan, khususnya program berita. 

Isu yang diangkat memang kebanyakan tentang politik Amerika, which is banyak yang gue gak ngerti sama sekali. Tapi tetep, karena isinya dunia broadcast jadinya gue suka banget sama serial ini. 
Mungkin gak semua orang suka dengan dunia broadcast, jadi seperti biasa setiap serial butuh bumbu penyedap cerita. Yap, cerita cinta.

Di The Newsroom ini ada beberapa masalah tentang cinta, yang gue rasa ceritanya khas banget. Kalo orang kita sih bilangnya cinlok, cinta digolok. Ituloh cinta yang timbul karena ada ketertarikan secara tidak sadar karena sering bertemu di suatu lokasi. Aih apa sih gue.
Hebatnya, di Newsroom ini menjunjung tinggi profesional atas masalah personal. Jadi meskipun ada yang habis putus gitu, ya kerjaannya tetep lanjut kayak gak terjadi apa-apa. Diulangi lagi ya. 'Kayak gak terjadi apa-apa'.
Mulai tersinggung? *uhuk*

Serial ini keren banget menurut gue 9/10 lah scorenya, ya mungkin karena gue suka dunia broadcast kali ya. Di Newsroom lo bakal liat gimana susahnya meng-cover sebuah berita hingga tayang, dan gimana susahnya mencari data dan fakta atas sebuah berita. Pokoknya lovable series lah.
Newsroom ini baru sampe season 2 loh ... tapi abis season 3 bakalan tamat. ^%&#&%#

Di dalam Newsroom banyak sisi positif dari sebuah media yang bisa gue ambil. Salah satunya adalah keberanian dalam mengangkat isu politik yang bahkan melawan si pemilik perusahaan televisi sendiri. Intinya sajikan berita bagaimana adanya sesuai framing media tersebut.
Selain itu yang paling hebat di News Night - The Newsroom ini mereka sempat bikin Editorial Comment. Dimana gue rasa itu sangat bahaya untuk membangun opini publik sama dengan opini diutarakan oleh Will Mc Avoy ini. Well, di sini lah terucap quote penting itu.




You Might Also Like

0 comments